Rabu, 01 Agustus 2012

Memanfaatkan Layanan Iklan Baris Sebagai “Mesin Rupiah”


Judul buku        : Bisnis, Iklan Baris Online, Cara Instan Gak Pake Pusing
Penulis              : Su Rahman
Penerbit            : PT Ekex Media Komputindo
Cetakan I         : 2012
Tebal                : 122 halaman
Peresensi          : Muhammad Rajab, Penikmat buku tinggal di Kota Malang
            Berbisnis secara online telah menjadi daya tarik masyarakat Indonesia pada dekade terakhir ini. Hal ini dikarenakan berbisnis semacam ini dapat menjangkau objek atau sasaran pasar global yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Ia bisa diakses secara online kapan dan di mana saja asal ada jaringan internet.
            Bisnis online di Indonesia mulai menggeliat dan kian berkembang dengan bermunculnya provider-provider ISP yang memberikan tarif murah meriah untuk hosting online, yang berdampak pada aneka bentuk bisnis online meramaikan pasar bisnis internet Indonesia. Apapun bentuk bisnis online yang sedang marak atau sedang dikembangkan oleh pebisnis, satu kebutuhan mutlak bagi mereka adalah promosi.
            Di dalam buku ini ditegaskan bahwa hampir dari 90% bisnis online bergulung tikar karena tidak melakukan promosi dengan optimal. Promosi tidak dapat dipisahkan dari kesuksesan sebuah bisnis, jika bisnis ingin sukses, apapun bentuk bisnisnya, maka wajib hukumnya untuk melakukan promosi dengan optimal. Salah satu media promosi yang selalu dan terus akan dilirik oleh para pelaku bisnis online adalah layanan website iklan berbaris. Mengapa?, karena layanan website iklan berbaris ini gratis dan bisa dimanfaatkan untuk berpromosi atau membangun backlink. (hlm. 5)
            Layanan website iklan baris adalah  sebuah layanan yang selalu dipergunakan oleh para pebisnis online untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawakan lewat internet. Layanan iklan website baris ini adalah media promosi pertama yang dibidik oleh pengelola bisnis online, karena selain cepat dan efesien, rata-rata layanan website iklan baris ini diberikan secara percuma alias gratis.
            Melihat kondisi tersebut, banyak kemudian pebisnis online yang bermain sebagai pengelola website iklan baris, dan tak sedikit yang sukses mendulang rupiah dari layanan ini. Kesuksesan para pebisnis online itu sayangnya hanya bergelintir pada orang-orang yang benar-benar paham pengelolaan iklan baris tersebut.
            Permasalahannya adalah tidak sedikit masyarakat Indonesia yang telah melihat besarnya potensi promosi lewat iklan berbaris ini. Tetapi, mereka tidak paham bagaimana membuat, mengelola, serta mengoperasikan layanan website iklan baris ini. Inilah yang kemudian menjadi kendala untuk mencapai puncak kesuksesan bisnisnya tersebut.
            Buku yang ditulis oleh Su Rahman, seorang Founder dan CEO Cipta Karya Mandiri yang bergerak di bidang Web Design dan Internet Marketing sejak 1997 ini berupaya memberikan solusi atas permasalahan kesulitan di atas. Buku ini lahir atas keprihatinannya terhadap masyarakat Indonesia yang masih banyak buta akan internet, atau mungkin sudah bisa mengoperasikan internet tapi masih belum bisa melihat peluang bisnis lewat jasa layanan website iklan baris ini.
            Lewat buku sederhana ini Su Rahman ingin berbagi ilmu bagaimana cara mendapatkan uang melalui internet yakni dengan memanfaatkan layanan website iklan baris gratis. Pembahasan buku ini juga cukup simpel, mudah dibaca dan dipahami. Namun demikian, untuk mempermudah pembaca, penulis menambahkan gambar-gambar yang mendukung pembahsan isi buku. Walaupun sederhana, namun isinya sangat komplek, mulai dari cara membeli hosting dan domain, membuat layanan iklan garis, hingga mendulang uang dari iklan tersebut. Dengan demikian buku ini sudah selayaknya menjadi bahan bacaan dan panduan bagi para pebisnis online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kOMENTAR ANDA