Sabtu, 24 Januari 2009

NAIK KAPAL MENYEBALKAN


Oleh: Muhammad Rajab*
MUDIK, itulah kata yang sering kita dengar ketika menjelang lebaran. Kata terebut dapat dipahami, orang yang kembali ke daerahnyha setelah lama merantau di daerah orang lain. Mudik bagi sebagian orang merupakan hal yang sangat menyenagkan, sebab mereka akan bertemu kembali dengan keluarganya setelah lama tidak berjumpa.
Namun, ada juga yang tidak terlalu senang dengan mudik, apalagi yang di perjalannya banyak terdapat kendala transportasi. Seperti halnya ketika naik kapal. Naik kapal memang enak dan menyenangkan. Namun, jika penumpang dalam kapal melebihi kapasitas yang telah ditentukan, maka rasanya akan terasa beda, sepereti penat, capek dan tidak tenang. Hal tersebut disebabkian oleh kondisi kapal yang sesak.
Pengalaman saya ketika pulang kampung alias mudik ke pulau Kangean Madura. Kapal penumpang yang saya naiki sangat penuh sekali. Sampai-sampai banyak orang yang tidak mendapatkan tempat. Walaupun demikian, tetap saja para petugas kapal menerima penumpang yang masuk.
Yang pasti, naik kapal yang semacam ini sangat menyebalkan. Di dalam kapal tidak nyaman, dan angkutan kapal yang meleihi kapasitas yang telah ditentukan akan menambah kemungkinan resiko tenggelam.
Fakta seperti ini tidak boleh didiamkan oleh pihak yang bertanggung jawab, mulai dari pemerintah yang paling rendah (tingkat kabupaten) hingga paling tinggi di negeri ini. Sebab, jika kasus semacam ini tidak ditangani secara serius, maka ini akan terus berlanjut, sebab mereka (para petugas kapal) tidak akan merasa bersalah karena tidak ada yang menegur dan mengingatkan mereka.
Pemerintah hendaknya bersikap tegas dalam hal ini. Dan kalau bisa jumlah kapal ditambah agar dapat mengurangi kesesakan yang telah terjadi. Sebab agar teransportasi laut nyaman, aman dan tenang dan Negara kesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari berbagai macam pulau dapat tercapai.
*Penulis adalah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

2 komentar:

  1. yah nama nya juga negara indonesia, ap sih yang enak fasikitas umumnya

    BalasHapus
  2. Ya mas coba ja lihat kereta api juga penuh sesak...hehehe

    BalasHapus

kOMENTAR ANDA