Jumat, 10 Agustus 2012

Mengungkap Rahasia Persahabatan

Judul buku      : The Secrets of Friendship
Penulis             : Muhammad Rajab dan Abd. Wahid Shomad
Penerbit           : Prestasi Jakarta
Cetakan I        : Maret 2010
Tebal               : 160 halaman
Harga              : Rp. 28.500,-

            Membangun persahabatan di tengah-tengah masyarakat yang plural tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu ada seni atau keterampilan dalam menciptakan persahabatan dan hubungan sosial yang harmonis. Sehingga banyak orang yang tidak bisa bergaul dengan masyarakat secara baik dan harmonis.
Di sisi lain ada sebagian orang yang sudah bersahabat sekian tahun, kemudian berakhir dengan permusuhan bahkan pertumpahan darah. Kesalahan dalam mengelola dan menjaga persahabatan merupakan  penyebab utama dari retaknya dunia persahabatan tersebut.
Berangkat dari fenomena tersebut Muhammad Rajab dan Abdul Wahid Shomad tergerak untuk memberikan kunci mudah dalam membangun dan menjaga persahabatan. Berawal dari sebuah asumsi bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan pernah lepas dari interaksi dengan orang lain, kedua penulis menekankan betapa pentingnya membangun hubungan sosial di tengah-tengah masyarakat yang tertuang dalam bukunya The Secrets of Friendship.
Dalam buku ini penulis memaparkan beberapa tips untuk membangun persahabatan dan hubungan sosial yang baik. Dalam menguraikan tips-tips tersebut kedua penulis menggunakan tiga pendekatan utama, yaitu pendekatan sosiologis, psikologis dan agama. Ketiga pendekatan itu kemudian dikombinasikan sehingga menghasilkan satu cara membangun dan menjaga persahabatan dalam kehidupan.
Secara sosiologis, bersahabat dengan orang lain merupakan kebutuhan pokok manusia. Bapak sosiolog dunia Ibnu Khaldun mengatakan, al-insanu madaniyyun bit-thob’i artinya bahwa manusia secara alami membutuhkan orang lain. Sekaya apapun dan sesukses apapun seseorang pasti membutuhkan bantuan dan pertolongan dari orang lain, baik dari sahabat, tetangga dan masyarakatnya.
Dalam buku ini diceritakan bahwa seseorang yang tidak mempunyai sahabat ibarat orang yang berada di tengah lautan. Kemudian ditengah lautan tersebut ia kehilangan arah dan tidak ada siapa pun yang bisa dimintai pertolongan kecuali dirinya dan Tuhan. Atau ibarat orang yang kehilangan arah di tengah luasnya gurun pasir yang gersang.
Penjelasan tentang kunci persahabatan dalam buku ini sangat komprehensip dan sistematis. Dengan bahasa yang mudah dicerna dan menggugah penulis memulai penjelasan dengan pentingnya persahabatan, membangun persahabatan, kemudian menjaga persahabatan tersebut.
Dalam hal ini, kunci utama dalam membangun dan menjaga persahabatan adalah cinta. Karena cinta merupakan sumber segalanya. Dua orang bisa bersatu karena cinta. Demikian pula sebaliknya, orang bisa berpisah karena cinta. Cinta merupakan energi dahsyat yang bisa menggerakkan semua aktivitas manusia. Karena cinta, manusia pelit jadi dermawan, manusia malas jadi rajin, dan manusia jauh jadi dekat.
Mengelola cinta untuk menjadi energi positif dalam bersahabat tidak mudah. Karena tak jarang cinta mengalami distorsi yang mengakibatkan permusuhan dan pertikaian. Dua orang yang awalnya bersahabat akrab tiba-tiba berubah menjadi musuh yang sangat dibenci dikarenakan salah memaknai dan mengelola cinta. Buku ini berusaha membuka rahasia persahabatan dan cara mengelola cinta dengan baik dan benar di dalam dunia persahabatan.
*Peresensi adalah
Pencinta buku dan Peneliti di Forsifa Universitas Muhammadiyah Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kOMENTAR ANDA