Rabu, 08 Agustus 2012

Panduan bagi Pebisnis Produk Digital

Dimuat di rimanews.com
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah memantik berbagai macam kemudahan. Termasuk juga memudahkan para pebisnis untuk menjual berbagai macam produk yang dapat dikonsumsi oleh khalayak umum. Salah satu media teknologi yang sangat canggih dalam mempercepat pemasaran tersebut adalah internet.
            Tidak dapat dipungkiri bahwa telah banyak orang yang telah sukses dengan cara memanfaatkan media yang satu ini. Mendesaknya kebutuhan konsumen terhadap barang-barang yang diinginkan membuat internet menjadi alat alternatif yang paling signifikan untuk menemukan informasi produk yang diinginkan.
            Namun demikian, masyarakat Indonesia saat ini masih belum semua mampu menggunakan fasilitas internet dengan baik dan benar. Ada yang memahami internet hanya sebagai media untuk mendapatkan hiburan semata, atau menggunakannya hanya sebagai media jejaring sosial. Padahal ada sesuatu yang sangat penting untuk kita ketahui khususnya bagi para pebisnis, yaitu bisnis online. Mungkin sebagian sudah pernah mendengar dan tahu tentang bisnis ini, tapi masih bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan dan mengoperasikannya.
            Buku karya Su Rahman ini hadir untuk memberikan kemudahan kepada para pebisnis dalam menjual produk digital lewat internet seperti e-book, template design, script program, software, dan lain-lain. Produk digital semacam ini memang banyak dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang sudah bersahabat akrab dengan komputer dan internet.
            Pembeli pun akan merasa diuntungkan dengan adanya bisnis online ini. Mereka dapat menemukan dan melakukan transaksi dengan mudah tanpa harus membutuhkan tenaga dan dana yang besar. Mereka cukup duduk di depan computer yang sudah terkoneksi dengan internet dan melakukan transaksi secara online di dalam rumah atau warnet.
            Banyak took-toko virtual yang diuntungkan dengan dari penjualan secara online, seiring berjalannya waktu produk yang ditawarkan di dunia maya ini kian beragam. Produk digital mulai masuk dan marak di internet, banyak penulis yang menjual e-book dan mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut. Banyak pula web programmer yang membuat aneka script untuk aplikasi-aplikasi tertentu dan menjual scriptnya secara online, mereka mendulang rupiah dari hasil penjualan tersebut. Tidak sedikit pula web designer yang membuat aneka template dan menjualnya secara online. (hlm. v)
            Su Rahman tidak hanya menuliskan tentang cara menjual produk digital saja dalam buku setebal 128 ini. Penulis juga berbagi ilmunya tentang bagaimana cara membuat produk digital itu sendiri. Seiring dengan kian majunya teknologi, untuk menciptakan suatu produk digital tidaklah sulit. Saat ini, siapa saja dapat membuat e-book, siapa saja dapat membuat album rekamannya sendiri dan kemudian menjualnya di internet dan meraup keuntungan dari penjualan produk-produk digital tersebut.
            Di luar negeri, produk digital ini menjadi komoditi perdagangan yang menjanjikan. Di Indonesia sendiri bisnis penjualan produk digital pun mulai digeluti. Karena berbisnis produk digital tidak membutuhkan biaya yang besar, cukup sebuah website yang menunjang untuk kebutuhan penjualan.
            Buku sederhana ini merupakan panduan yang cocok bagi mereka yang ingin memulai belajar bisnis produk digital secara online. Dengan bahasa sederhana, penulis memberikan cara membuat website penjualan produk digital yang dapat dipraktikkan oleh siapa saja. Lewat buku ini, kita juga akan dipandu untuk melakukan proses bisnis online tahap demi tahap, mulai dari produksi hingga pemasaran dan pelaksanaan transaksi. Pendek kata, buku ini sangat praktis dan aplikatif. Bahasanya tidak sulit untuk dipahami. Kita bisa membacanya sambil berhadapan dengan PC atau laptop. Selamat membaca!
__________________________
Judul buku      : Cara Instan Menjual Produk Digital Gak Pake Pusing
Penulis             : Su Rahman
Penerbit           : Elex Media Komputindo
Cetakan I        : 2012
Tebal               : 128 halaman
ISBN               : 978-602-00-2656-5
Peresensi         : Muhammad Rajab, Pencinta buku tinggal di Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kOMENTAR ANDA