Sabtu, 24 Januari 2009

DICARI MAHASISWA YANG MAU MENELITI

Oleh: Muhammad Rajab
(Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Unmuh Malang)
Program penelitian adalah program yang relatif rumit. Tak semua orang bisa melakukan penelitian ilmiah, karena memang penelitian ilmiah membutuhkan konsentrasi dan ilmu penelitian (metodologi penelitian) yang cukup. Sehingga untuk mengadakan penelitian ilmiah minimal harus paham metodologi penelitian dasar dan bisa membuat proposal penelitian. Makanya mayoritas peneliti berasal dari para dosen.
Walaupun demikian, untuk meneliti tidak harus menunggu menjadi dosen, bolehlah kita belajar mulai sekarang walaupun masih mahasiswa. Karena ternyata mahasiswa juga mempunyai potensi yang sama dengan dosen, hanya yang membedakan adalah pengalaman dosen lebih banyak dari pada mahasiswa.
Terbukti banyak mahasiswa yang mengajukan proposal penelitian diterima oleh Dikti dan bahkan lolos ke tingkat PIMNAS. Di sini sudah jelas bahwa siapapun itu bisa menjadi peneliti, asalkan punya kemauan yang kuat untuk meneliti.
Melihat potensi yang dimiliki mahasiswa tersebut sekarang Dikti sudah mulai mengadakan program pengajuan proposal kegiatan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), baik yang bentuknya PKMI, PKMK, PKMM, PKMT maupun PKMP. Ini dimaksudkan untuk memberikan fasilitas terhadap mahasiswa agar mereka mau bekerja keras dan bisa menyalurkan potensinya untuk mengembangkan ilmu yang didapatnya dalam bentuk nyata.
Pada bulan September mendatang merupakan batas terakhir pengajuan proposal kegiatan PKM 2008 tersebut untuk mahasiswa. Sehingga mahasiswa mulai persiapan sejak sekarang, mulai dari persiapan menentukan ide hingga objek penelitian yang dituju.
Karena memang, sehabis Ujian Akhir Sekolah (UAS), para mahasiswa harus libur panjang. Nah, untuk mengisi kekososngan tersebut mereka bias mengikuti program PKM ini. Ini dimaksudkan agar waktu yang panjang ini tidak terbuang sia-sia tanpa aktivitas yang bermanfaat.
Kesempatan ini merupakan peluang emas bagi mahasiswa untuk mengajukan proposal penelitian (PKM), karena jika proposal tersebut diterima oleh Dikti, maka kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan penelitian, karena Dikti akan membiayainya.
Sekarang tinggal pada kitanya, apakah kita mau megikuti program PKM ini atau tidak. Peluang sudah ada di depan mata, jangan sampai terbuang sia-sia. Karena tidak semua orang mempunyai kesempatan yang sama seperti ini.
Selain itu, ketimbang liburan panjang ini diisi dengan main-main yang tidak ada manfaatnya lebih baik dipakai untuk mengikuti program-program bermanfaat seperti ini. Karena dengan mengikuti program ini ilmu dan pengalaman kita akan bertambah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kOMENTAR ANDA