Sabtu, 24 Januari 2009

RAZIA MENJELANG LEBARAN


Oleh: Muhammad Rajab*

Beberapa hari yang lalu pihak kepolisian merazia tempat-tempat maksiat dan minum-minuman keras. Itu dimaksudkan untuk menghormati datangnya bulan Ramadhan yang penuh berkah dan maghfirah Allah SWT. Dengan adanya razia tersebut diharapkan pelaku tindak kejahatan tidak kejahatan seperti, PSK dan peminum miras tidak mengotori sucinya bulan Ramadhan.
Akhir-akhir menejelang lebaran ini Dinas Peternakan dan Perikanan yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan sudah melakukan razia terhadap makanan-makanan, terutama daging sapi dan ayam potong di beberapa tempat. Seperti pasar-pasar tradisional dan plasa Jakarta. Pemerikasaan ini guna menghindarkan masyarakat dari penyakit yang disebabkan oleh makanan yang sudah tidak layak dikonsumsi.
Razia tersebut merupakan langkah maju untuk membebaskan masyarakat bangsa dari tindak kejahatan dan kriminalitas serta makanan-makanan yang dapat menyebabkan rusaknya kesehatan warga.
Selain itu, razia terhadap makanan-makanan khususnya daging dan ayam potong menjelang lebaran tersebut merupakan tindakan bagus yang terus perlu dikembangkan. Sebab, kebiasaan masyarakat kita setiap kali menjelang lebaran, mereka banyak membeli makanan khususnya daging untuk dijadikan santapan pada lebaran nanti.
Dan diharapkan supaya razia seperti ini tidak hanya berlaku pada bulan Ramadhan dan menjelang hari raya saja. Ini juga perlu diterapkan dan dilaksanakan oleh pihak kepolisian serta dinas kesehatan serta Dinas Peternakan dan Perikanan pada bulan-bulan selain bulan Ramadhan. Karena, dengan adanya razia semacam ini warga akan takut untuk melakukan hal-hal yang dapat merugikan masyarakat umum, seperti makanan-makanan yang sudah kadaluarsa atau tidak layak untuk dikonsumsi.
Dan jika tinjau dari fungsi makanan itu sendiri, maka makanan mempunyai peranan penting dalam perkembangan kondisi fisik kita. Jika makanan yang kita konsumsi baik, sehat dan bergizi, maka kondisi tubuh kita juga akan sehat. Begitu juga sebaliknya, jika makanan yang masuk ke dalam tubuh kita adalah makanan yang tidak bergizi dan mebahayakan alias tidak sehat, maka kondisi tubuh kita juga tidak akan sehat.
Oleh karena itu, makanan harus menjadi perhatian utama. Sebab dengan makanan yang sehat tubuh kita akan sehat pula. Nah, untuk menjaga sehatnya makanan yang dijual dipasaran tersebut, maka perlu ada razia dan pemeriksaan supaya makanan yang tidak layak dimakan dapat diketahui sehingga masyarakat tidak membeli makanan tersebut. Dan adapun razia tersebut jangan cuma terbatas pada bulan Ramadhan dan menjelang lebaran saja, akan tetapi di luar waktu-waktu itu perlu terus dilaksanakan guna menjauhkan masyrakat dari makanan-makanan yang tidak bergizi yang dapat membahayakan tubuh.

*Penulis adalah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kOMENTAR ANDA